25 November, 2008

Bakteri Sakazakii Pada Susu Formula

Bakteri Sakazakii
Bakteri Sakazakii
-->
E. sakazakii sendiri awal ditemukan pada tahun 1958 pada 78 kasus bayi dengan infeksi meningitis. Sejauh ini juga dilaporkan beberapa kasus infeksi serupa di beberapa negara. Karena di awal kehidupannya bayi masih mempunyai sistem kekebalan tubuh yang rendah, risiko terbesar adalah konsumsi oleh bayi yang lebih muda. Banyak kasus dilaporkan di bagian Neonatal Intensive Care Units (NICUs) beberapa rumah sakit di Inggris, Belanda, Amerika dan Kanada. Di Amerika Serikat angka kejadian infeksi E. sakazakii yang pernah dilaporkan adalah 1 per 100.000 bayi. Pada bayi prematur dan berat lahir sangat rendah, angka kejadian menjadi 9,4 per 100.000.
Namun tidak semua strain dari bakteri E. Sakazaki ini berbahaya. Hanya ada 2 strain yang diketahui berpotensi sebagai penyebab kematian. Mungkin karena hal itulah, meski 20% susu dan makanan formula telah beredar, belum ada laporan korban keracunan atau terinfeksi karena mengkonsumsi produk tersebut. Meskipun infeksi karena bakteri ini sangat jarang, tetapi dapat mengakibatkan penyakit yang sangat berbahaya sampai dapat mengancam jiwa, di antaranya adalah neonatal meningitis, hidrosefalus, sepsis, necrotizing enterocolitis dan infeksi saluran kencing. Gejala yang dapat terjadi pada bayi atau anak di antaranya adalah diare, kembung, muntah, demam tinggi, bayi tampak kuning, kesadaran menurun (malas minum, tidak menangis), mendadak biru, sesak hingga kejang.
WHO (World Health Organization) dan USFDA (United States Food and Drug Administration) telah menetapkan bahwa susu bubuk formula bayi memang bukan produk steril. Sedangkan susu formula cair yang siap saji, dianggap sebagai produk steril karena dengan proses pemanasan yang cukup. Sehingga di bagian perawatan bayi NICU, USFDA menggunakan perubahan rekomendasi dengan pemberian susu bayi formula cair siap saji untuk penderita bayi prematur yang rentan terjadi infeksi.
Sumber : Majalah Farmacia


2 komentar:

artis bejat mengatakan...

wah lengkap banget ya infonya

Anonim mengatakan...

Amiable post and this post helped me alot in my college assignement. Gratefulness you for your information.