12 November, 2008

Jerman Kembangkan Tiga Gabungan Energi Alternatif Untuk Menyuplai Listrik

Jerman - Sebuah inovasi Jerman dalam mengembangkan energi alternatifnya hanya dengan mengabungkan tiga keuatan utama yaitu solar (energi surya), wind (energi angin),dan biogas. Ide ini didasari oleh Jerman yang menginginkan pasokan energi listriknya berasal dari energi terbarukan dimana sampai saat ini masih terpenuhi hanya sekitar 14% saja, belum lagi harga minyak dunia yang semakin mahal mendorong ilmuan disana untuk menciptakan gagasan agar energi listriknya tidak tergantung lagi oleh bahan bakar fosil. 

Tiga perusahaan yang bergerak di bidang energi alternatif yaitu SolarWorld AG,Enercon GmbH, serta Schmack Biogas AG saling berpartisipasi dalam mengembangkan proyek tersebut dan tidak lupa juga Institut Energy Supplay Technology Universitas Kassel Jerman.

 
Tiga gabungan energi adalah sebagai berikut 3 turbin angin sebesar 12,6 MW, 20 panel surya 5,5 MW, 4 pembangkit listrik biogas 4,0 MW. Pemakaian energi tersebut diatur oleh suatu server yang bertugas membagi suplai dari ketiga energi tersebut sehingga energi listrik dapat tersalur dengan baik bila terjadi hambatan misalnya kecepatan angin menurun dan ketidak mampuan panel surya pada waktu malam hari. 

Selain itu juga untuk menampung kelebihan energi listriknya maka dibuatlah suatu reservoir besar, apabila energi berlebih maka otomatis pompa memompa air menuju reservoir dan begitu sebaliknya apabila terjadi beban makasimum reservoir siap digunakan untuk memutar turbin air dan menghasilkan listrik kembali.


1 komentar:

haryoshi mengatakan...

nice post....

visit me ok...
fmipa unand