06 November, 2012

Budidaya Rumput Pakan Ternak dengan Hidroponik

Inggris - Rumput merupakan kebutuhan utama untuk pakan ternak meliputi sapi, kambing, kuda, dsb. Kebutuhannya harus dipenuhi demi kelangsungan hidup ternak. Hal ini terlihat mudah ketika berlangsung musim hujan, akan tetapi pada musim kemarau pakan rumput sangat sulit dijumpai karena adanya kekeringan.

Sekelompok petani di Inggris memperkenalkan sistem hidroponik untuk menjawab pertanyaan di atas, mereka menamai sistem mereka H2O Farm sistem. Sistem hidroponik ini menciptakan sebuah habitat baru bagi rumput untuk berkembang biak dengan baik karena sistem hidroponik dapat mengontrol nutrisi yang dibutuhkan rumput untuk berkembang biak.


Perkembangbiakan rumput dengan sistem hidroponik hanya menghabiskan sekitar 60kW energi listrik dan 700 liter air per ton rumput yang dihasilkan. Sistem yang berdiri di area 10m x 13m dapat menghasilkan rumput bagi 120 sapi atau 1500 domba. Sistem ini diklaim dapat menghasilkan rumput segar selama 365 hari tanpa menghawatirkan iklim yang terus berganti-ganti.




Tidak ada komentar: