07 November, 2012

Masdar City - Kota Masa Depan Abu Dhabi

Abu Dhabi - Negara yang memiliki dengan cadangan minyaknya hingga 8% dari total cadangan minyak dunia dan dapat memproduksi minyaknya hingga 100 tahun kededapan tidak lain adalah Uni Emirat Arab (UEA). Setelah tetanggaya Dubai yang memiliki proyek pulau palem, Abu Dhabi tidak tinggal diam. Pemerintah Abu Dhabi berencana membuat sebua proyek kota baru yang dinamai Masdar City.

Masdar City - Abu Dhabi
Masdar City - Abu Dhabi
Kota tersebut rencananya akan dibangun  di tanah seluas 6 km2 sebelah tenggara tepatnya 17 km dari Abu Dhabi, bersebelahan dengan Abu Dhabi International Airport. Proyek yang didanai keseluruhannya oleh Mubdala Development Company nantinya memiliki konsep kota masa depan yang keseluruhan energinya menggunakan energi bersih dan terbarukan yaitu energi surya yang mencapai 40 MW sampai 60 MW dan energi angin sekitar 20 MW.

Arsitektur kota nantinya juga disesuaikan dengan iklim gurun yang meminimalkan penggunaan energi, media transportasi yang terintegrasi dengan sarana transportasi modern berteknologi tinggi serta pengelolahan lingkungan secara zero waste dan zero carbon.

Tidak ada komentar: