10 Desember, 2012

Jalan Raya dari Plastik Bekas

India - Di kota-kota besar dengan penduduk padat sering kita jumpai pemandangan tumpukan sampah plastik yang tidak sedap dipandang, berbeda dengan sampah organik yang dapat terurai oleh tanah, plastik merupakan benda yang sangat sulit terurai butuh ratusan ataupun ribuan tahun untuk terurai. 

Namun di India, pada tahun 1996 dua bersaudara Rasool and Ahmed Khan berinovasi dalam mengurangi limbah plastik dengan mengolahnya menjadi bahan campuran aspal untuk jalan umum. Mereka mengumpulkan sampah plastik bekas dari apartement, sekolah, tempat perbelanjaan, dan tempat sampah untuk kemudian dihancurkan agar mudah diolah menjadi tar. Mereka mencampur bitumen dan plastik menjadi campuran yang dinamai KK poly bend, plastik memiliki melting point 130 sampai 140 derajat celcius dan bitumen 60 sampai 70 derajat celcius. 


Projek pertama dilakukan di kota Bangalore bekerjasama dengan Bangalore Mahanagara Palike (BMP) mengerjakan jalan raya sepanjang 250 Km, dan masih bertahan 6 - 7 tahun sampai saat ini. Berkat inovasinya berbagai negara tertarik mengadaptasinya di antaranya Saudi Arabia, Itali, Sri Lanka, Banglades, Burma and Nigeria.

Tidak ada komentar: