18 Januari, 2013

Berwisata ke Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden
Bangka Botanical Garden
Pulau Bangka telah dikenal sejak lama sebagai penghasil timah, banyak bekas lahan galian terbengkalai akibat tidak adanya reklamasi lahan dari para petambang biji timah. Rusaknya ekosistem diperparah lagi dengan hilangnya lapisan top soil akibatnya pH level menurun sehingga lahan tersebut tidak bisa ditumbuhi tanaman dan membutuhkan waktu yang lama untu dapat ditanami kembali. 
 
Melihat keprihatinan lingkungan Pulau Bangka yang rusak, sekelompok orang berinisiasi membangun kembali lingkungan yang rusak dengan merehabilitasi kembali kawasan tersebut kemudian diberi nama Bangka Botanical Garden (BBG). Kunci dari merehabilitasi lahan yang rusak adalah dengan  menggunakan pupuk dari kotoran sapi dan menggunakan kapur untuk menetralkan pH menjadi netral kembali sehingga tumbuhan dapat tumbuh normal. Untuk suplai pupuk BBG memiliki peternakan sapi sebanyak 400 ekor dikembangbiakkan.
Bangka Botanical Garden

Rehabilitasi berjalan sekitar 5 tahun dan dapat dilihat keberhasilannya adalah dengan kembalinya ekosistem Pulau Bangka, tidak hanya itu terdapat pula koleksi hewan-hewan eksotik seperti buaya rawa yang menjadikan BBG beraneka ragam satwa dan fauna.




1 komentar:

JuraganFollowers.com SEO Kontes mengatakan...

Hey bro / sis, yuk ikutan JuraganFollowers.com SEO Kontes. Pendaftaran sampai tanggal 31 januari. Berhadiah uang tunai.

klik www.juraganfollowers.com/2012/12/seo-kontes.html