10 Januari, 2013

Fog Collector : Inovasi Jaring Pengumpul Air Bersih dari Kabut

Fog Collector : Inovasi Jaring Pengumpul Air Bersih dari Kabut
Fog Collector
Keterbatasan sumber air bersih menjadi masalah yang telah lama ingin dipecahkan masyarakat pedesaan yang banyak bermukim di pegunungan tinggi. Akses mata air bersih sulit dicari akibat rute perjalanan yang jauh dan berbahaya. Tidak hanya itu distribusi air sulit dilakukan akibat perbedaan ketinggian sehingga tidak efisien.
Seorang warga Kanada bernama Robert Schemenauer telah berhasil menciptakan Fog Quest alat penghasil air dari kabut untuk menjawab masalah tersebut. Dia juga mendirikan yayasan Fog Quest, yayasan amal yang ditujuakan untuk membantu masalah pemenuhan air di negara-negara berkembang. Fog Quest telah menjalankan proyeknya di beberapa negara berkembang yangyaitu Eritrea, Maroko, Nepal, dll.  
Metode jitu untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengambil potensi kabut yang merupakan kumpulan uap air yang berhembus di daerah pegunungan. Kabut yang berhembus dijaring dengan jaring khusus sehingga kabut terkumpul menjadi air bersih, air yang terkumpul kemudian dialirkan di bak penampungan air.


Tidak ada komentar: