27 Januari, 2013

I Gede Wenten : Pelopor Teknologi Filter Membran Indonesia

Filter Membran


Sosok Inovator Indonesia di atas adalah Bapak I Gede Wenten atau yang akrab dipanggil Pak Wenten. Beliau adalah seorang Dosen Departemen Teknik Kimia ITB yang merupakan inovator penemu penjernih air teknologi membran. Teknologi membran adalah teknologi tinggi dalam filtrasi yang banyak digunakan industri air minum di negara maju seperti Eropa dan Amerika. Membran merupakan selaput yang memiliki pori-pori sangat kecil yang dapat menyaring partikel-partikel mikro seperti bakteri, virus, dan, partikel kecil yang terbawa bersama air. Oleh karena itu teknologi membran sangat mahal dan hanya digunakan oleh negara-negara maju.
Penelitian Teknologi Membran oleh Pak Wenten dilakukan sejak beliau melanjutkan studi S2 lulus di tahun 1990 dan S3 lulus di tahun 1995 di Denmark Technical University (DTU). Saat itulah Pak Wenten berhasil membuat teknologi dan mematenkanya sehingga menjadi kontribusi pertamanya di dunia teknologi membran. Debut pertama penelitiannya adalah diaplikasikannya teknologi tersebut untuk mengatasi limbah produksi pabrik bir tak lagi mencemari lingkungan. Media Eropa menyebut penemuan itu sebagai revolusi terbesar bagi industri bir dalam 50 tahun terakhir. Dia pun dianugrahi Suttle Award dari Fitraion Society, Inggris, karena temuannya ini.
Filter Membran
Membran ciptaan Wenten juga bisa dipakai untuk industri minyak dan gas, cuci darah di dunia kedokteran, menyaring kelapa sawit atau minyak goreng, mengekstrasi temu lawak, memisahkan kondesat dari gas, menyaring oli bekas agar bisa dipakai kembali, serta bisa digunakan untuk menyaring air laut dalam sehingga menghasilkan produk sampingan berupa garam.

Tidak ada komentar: