01 Februari, 2013

ADAPTIV : Sistem Kamuflasi Mutakhir Kendaraan Tempur

ADAPTIV BAE System
ADAPTIV BAE System

Swedia – BAE Sytem sebuah perusahaan yang memproduksi peralatan militer asal Inggris mengabarkan telah menemukan sistem kamuflasi anti infra red (thermal sensor) bernama ADAPTIV, memiliki kemampuan menghilang layaknya hewan bunglon yang dapat mengubah warna tubuhnya dari pandangan musuhnya. Pengembangan ADAPTIV sendiri diprakarsai oleh 7 orang ahli yang berbeda keahlian dibawah naungan Swedish Defence Materiel Administration yang kemudian diadaptasi oleh BAE System.

ADAPTIV terdiri dari lempengan heksagonal yang ditempelkan dibagian luar alat tempur menyerupai sarang lebah. Kunci dari sistem tersebut adalah dengan mengatur temperatur plat heksagonal sesuai lingkungan sekitar maka bagian tubuh kendaraan tempur dapat hilang di layar musuh. Beberapa video mendemonstrasikan sistem tersebut mampu menghilangkan wujud kendaraan tempur hanya objek mobil yang diletakkan tepat di sebelah kendaaraan tersebut  yang terlihat terang.

Kendaraan tempur pertama yang diuji coba pertama kali adalah CV90 buatan swedia, sementara wahana udara dan laut akan dikembangkan lebih lanjut. Kemajuan teknologi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan tempur sehingga sulit dideteksi musuh dan mudah dikenali oleh kawan. 


Tidak ada komentar: