14 Februari, 2013

Manfaat Daun Moringa / Daun Kelor Bagi Tubuh Manusia

Daun Moringa Olefiera (Kelor)
Daun Moringa Olefiera (Kelor)
Ada pepatah yang mengatakan kesehatan adalah kemakmuran. Sudah menjadi keharusan setiap individu untuk mempertahankan kesehatannya masing-masing, mulai dari berolahraga, makan makanan yang sehat, dan minum suplemen yang penting bagi tubuh. Namun penggunaan suplemen perlu dipahami apakah manfaat dan kekurangannya, bahkan sebagian orang ada yang terkena efek negatif dari mengonsumsi suplemen yang tidak benar. Mulai beralih dari suplemen kimia menuju suplemen alami yang berasal dari nabati adalah solusi jitu salah satu contohnya daun Moringa atau yang kita kenal daun Kelor (Moringa Olefiera). Sebagian orang mengetahui daun tersebut hanya untuk memandikan jenazah ataupun menggobati ilmu hitam, namun kasiat sesungguhnya baru diketahui akhir-akhir ini saja.

Pohon Moringa dikenal sebagian orang dunia sebagai pohon ajaib salah satu tumbuhan yang dapat menjaga kesehatan tubuh penggunanya. Tumbuhan Moringa tumbuh di sebagian daerah di dunia seperti India, indonesia, dan Afrika dapat hidup dengan curah hujan yang minim. Bagian lainnya juga berperan penting bagi kesehatan misalnya buah, tangkai, bunga, dsb. Namun bagian daun adalah bagian yang paling bermanfaat.

Daun Moringa mengandung protein, vitamin C dan A, mineral, dan anti oksidan. Beberapa asam amino juga ditemukan di daun Moringa sekitar 20 jenis yang berdeda, 46 tipe anti oksidan, 36 tipe anti inflamasi sehingga dapat disimpulkan daun Moringa sangat baik untuk suplemen alami tubuh kita. Manfaat nyata dari daun ini antara lain dapat mengurangi tekanan darah tinggi, detoksifikasi saluran pencernaan tubuh, juga menambah pasokan energi tubuh kita. Disebagian negara daun Moringa dipakai untuk menambah gizi bayi terutama di daerah Afrika yang rawan malnutrisi sejak lahir, daun Moringa meningkatkan masa bayi dan tercukupinya kebutuhan tumbuh bayi. Pengolahan daun Moringa yaitu dengan cara dikeringkan dengan matahari sampai tidak ada kandungan air, kemudian ditumbuk hingga dihasilkan bubuk yang siap dikonsumsi. Cara konsumsi bermacam-macam ada yang menyeduh bubuk dengan teh, menaburkan ke makanan, atau dapat diolah menjadi kapsul yang siap minum jika anda tidak senang dengan kedua cara sebelumnya.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

yang butuh bibit pohon kelor bisa menghubungi kami 082136712513 atau chasiapro@gmail.com @Trims Prabowo Jogja