19 Februari, 2013

Sehat Dengan Mengkonsumsi Beras Hitam

Beras Hitam
Beras Hitam
Penyakit manusia dikarenakan pola hidup tidak sehat mulai bertambah akhir-akhir ini, di antaranya adalah diabetes, serangan jantung, kanker, dsb. Pemilihan asupan gizi sangatlah penting untuk terhindar dari resiko penyakit tersebut. Beras hitam mulai populer saat ini karena dipercaya sebagai makanan sehat. Orang Asia telah mengkonsumsinya sejak lama, orang cina menyebutnya beras para kaisar karena hanya dikalangan kerajaan yang mengkonsumsinya.

Apa yang membuat beras hitam begitu populer? Jawabannya terletak di dalam bulir berasnya. Beras hitam mengandung sumber karbohidrat, fiber, dan mineral esensial, tidak hanya itu beras ini mengandung banyak anti oksidan, asam amino, dan vitamin B. Dari banyak kelebihannya dapat ditarik kesimpulan beras hitam tidak hanya mencegah dari penyakit namun beras ini dapat menjaga kesehatan anda, menambah daya tahan tubuh dan asupan energi anda tercukupi.

Asam amino yang terkandung di dalam beras hitam merupakan asam organik yang bertanggungjawab memperbaiki sel-sel yang rusak selama tubuh bermetabolisme. Asam amino juga berperan dalam menyimpan protein dalam tubuh, berguna ketika tubuh membutuhkan cadangan protein untuk tumbuh kembang tubuh khususnya anak dalam masa pertumbuhan.

Fiber atau serat yang terkandung dalam beras salah satu nutrisi penting untuk fungsi pencernaan di dalam tubuh. Makanan yang kaya akan serat akan membersihkan isi perut yang tidak dibutuhkan tubuh sehingga efektif menurunkan berat badan orang yang terkena obesitas.

Penyakit seperti Alzheimer, gangguan pada ginjal dapat dicegah dengan mengkonsumsi beras hitam. Penderita diabetes juga tidak perlu khawatir dengan mengkonsumsi nasi beras hitam,  karena beras hitam membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga aman dikonsumsi.

Padi Jenis Beras Hitam

Kesimpulan akhir yang kita dapati adalah beras hitam sungguh berkhasiat bagi tubuh kita dalam menjaga dan mengobati penyakit. Kandungan anti oksidan beras hitam dalam satu sendok takaran lebih banyak dari yang dimiliki blueberry dengan takaran yang sama, tetapi rendah kandungan gula.

1 komentar:

Blogger Muntok mengatakan...

Wah, kalo di daerah saya beras merah.. Udh terbiasa beras putih, jd susah mw ganti..

Thanks Infonya...