22 Februari, 2013

Tips Pencarian Menggunakan Google

Tips Pencarian Menggunakan Google

1. Filetype
Fungsi ini digunakan untuk pencarian file. Misalnya : anda ingin mencari file buku sd di internet dengan format pdf, maka anda tinggal mengetikkan : buku sd filetype:pdf. Jika anda mencari file ekstensi lain maka anda dapat merubahnya misal pdf menjadi doc.
 
2. Inurl:
Oopsi ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang “masuk” sebagai url. Dengan opsi ini Anda dapat melakukan pencarian pada pencarian folder tertentu (jika dikombinasikan dengan “index of”). Contoh : inurl:admin -> pencarian ini menghasilkan url website yang mempunyai kata “admin”.
 
3. Site
Fungsi ini digunakan untuk mencari situs yang ada hubungannya dengan apa yang kita ketik misalnya kita ingin mengetahui situs yang ada hubungannya dengan situs detik maka dapat diketik : site:detik.com
 
4. Menggunakan tanda “+” dan tanda kutip
Fungsi ini digunakan untuk lebih mengkhususkan pencarian dengan menggunakan dua suku kata misal : universitas+indonesia dan “universitas Indonesia”.
 
5. Site:
Opsi ini digunakan secara spesifik untuk melakukan pencarian pada situs tertentu. Contoh : site:kampus.net “xp style” pada situs www.kampus.net
 
6. Link
Opsi ini digunakan untuk mengetahui situs apa saja yang nge-link dengan situs tertentu. Contoh : link:skalar.com -> mempunyai situs yang mempunyai link ke www.skalar.com anda dapat mengkombinasikan berbagai option di atas untuk dapat mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Contoh:pdf “rapidshare.com/files”site:rapidshare.com+inurl: exe|rar|zip site:rapidshare.com
 
7. Klik “images”
Apabila anda menginginkan pencarian file gambar anda dapat mengklik tombol images setelah pencarian di kotak search google selesai.
 
8. Lokal atau Internasional
Hasil pencarian berbeda untuk tiap google di dunia, anda dapat menset google.co.id / .com di bagian kanan bawah terdapat tulisan google.co.id (klik untuk pencarian hanya google Indonesia) .com (untuk pencarian global)
 
9. Intitle:
Opsi ini digunakan untuk mencari kata tertentu yang terdapat pada title dari halaman web.
 
10. Pakai tanda “~”
Untuk mencari sinonim kata. Coba amati pada bagian ujung kiri atas keyboard, Anda akan menemukan tanda ~ bukan? Jika tidak menemukan maka anda dapat mencari di symbol ms word. Banyak yang tidak tahu apa kegunakan karakter tersebut, ternaya dapat berguna untuk pencarian di google.

Tidak ada komentar: