22 September, 2013

Beras Basmati yang Kaya Nutrisi


Beras Basmati
Nasi dari Beras Basmati

Nasi merupakan makanan penduduk dunia khususnya masyarakat Asia. Faktanya nasi telah menjadi makanan setengah penduduk dunia. Ada beberapa jenis beras, ada yang beraroma seperti beras aroma melati, beras Wehani, dan beras Basmati.

Kali ini kita membahas tentang gizi beras Basmati. Di dunia barat nasi yang bersumber dari beras Basmati sering disajikan karena aromanya dan keunikannya. Butiran yang panjang dan aromanya seperti kacang merupakan suatu kekhasan beras yang berasal pegunungan Himalaya yang membentang antara India dan Pakistan.
Beras ini memiliki dua variasi warna putih dan coklat.

Fakta Nutrisi Beras Basmati

Beras Basmati mengandung korbohidrat, protein, sedikit lemak, serat, vitamin, dan mineral. Beras ini mengandung 283 kalori setiap 200g. Berikut ini nutrisi lengkap yang tersusun dari 200g beras Basmati.

Nutrisi
Jumlah
Karbohidrat
52 g
Protein
5 g
Lemak
0.44 g
Serat
3 g
Besi
1.9 mg
Tiamin
0.26 mg
Niacin
2.3 mg
Selenium
11.8 mcg

Beras Basmati warna coklat lebih bernutrisi daripada yang berwarna putih dikarenakan proses pengolahannya yang singkat tanpa menghilangkan kulit ari. Inilah alasanya mengapa jenis beras Basmati coklat lebih banyak mengandung vitamin B dan serat daripada beras Basmati putih.

Beras Coklat Basmati
Beras Coklat Basmati
Beras coklat Basmati memiliki kandungan serat yang baik, dari 200g beras coklat Basmati didapati 7,8g serat. Serat baik untuk kesehatan pencernaan terutama untuk orang yang memiliki masalah obesitas dan diabetes. Serat membantu menstabilkan gula darah sehingga mengurangi keluarnya kadar gula dalam aliran darah. Tidak hanya itu saja kandungan kolesterol yang kecil untuk kesehatan jantung.

Tidak ada komentar: