22 September, 2013

Mengenal Unsur Logam Mulia


Tahukah anda mengapa dinamakan logam mulia? Jawabanya adalah karena logam-logam tersebut sangat sulit ditemukan dan memiliki harga jual yang tinggi. Ketika kita berbicara tentang logam mulia pasti yang ada dibenak anda adalah logam emas dan silver, akan tetapi nyatanya tidak demikian, ada beberapa logam seperti Platinum, Paladium, Iridium, Osmium, Rhodium. dll. Apakah perbedaan logam-logam tersebut? Berikut penjelasanya


Logam Emas
 Emas (Au)

Emas merupakan logam transisi yang berada di grup 11 dari tabel periodik. Logam yang jarang ditemukan di bumi, hanya terdapat dibeberapa bagian di dunia. Afrika Selatan merupakan salah satu tambang emas terbesar di dunia.

Sifat : Emas memiliki satuan kemurnian 24 karat, merupakan logam yang lunak oleh karena itu untuk diproses langsung menjadi perhiasan logam ini harus ditambahkan logam paduan yaitu tembaga, nikel, dsb agar dapat digunakan sebagai perhiasan. Konduktor panas dan listrik yang baik.

Fungsi : Emas sejak dahulu telah menjadi logam favorit untuk dijadikan perhiasan karena warnanya yang indah dan mengkilap. Emas digunakan juga untuk keperluan cadangan devisa suatu negara alternatif daripada uang dolar.

Logam PerakPerak (Ag)

Perak logam yang harganya dibawah emas, banyak diterdapat di Amerika Selatan, Norwegia, dan Australia.

Sifat : Perak merupakan logam transisi yang memiliki warna putih berkilauan dan struktur yang lunak. Logam ini memiliki sifak konduktor panas dan listrik terbaik dari semua logam yang ada.

Kegunaan : Sama seperti emas, logam ini banyak digunakan untuk perhiasan alternatif selain logam emas. Dapat berfunsi sebagai katalis dalam beberapa reaksi kimia. Aplikasi kesehatan logam ini juga digunakan untuk menambal gigi yang berlubang karena sifatnya yang inert dikenal sebagai amalgam.

Logam PlatinumPlatinum (Pt)

Platinum sangat jarang sekali ditemukan di bumi, itu kenapa logam ini disebut sebagai yang termahal. Berasal dari bahasa Spanyol “Platina del Pinto” yang berarti perak dari sungai Pinto. Banyak terdapat di Afrika Selatan. Platinum banyak terdapat di muara sungai. Terdapat di dalam grup 10 tabel periodik.

Sifat : Platinum berwarna abu-abu keputihan, ulet, mudah dibentuk, titik didih yang tinggi karena merupakan material logam yang padat. Logam yang resistan terhadap korosi dan tidak bersifat reaktif.

Kegunaan : Dapat digunakan sebagai logam perhiasan, elektroda, termometer, katalis reaksi kimia. Sifatnya sebagai konduktor panas dan listrik yang baik, banyak digunakan sebagai peralatan laboratorium kimia.

Logam Paladium 
Paladium (Pd)

Paladium ditemukan pertama kali oleh William Hyde Wollaston yang menamainya setelah menemukan batu asteroid Pallas. Rusia merupakan merupakan tambang Paladium terbesar di dunia, diikuti Afrika Selatan.

Sifat : Merupakan yang tersulit ditemukan di bumi di antara logam grup 10 tabel periodik. Berwarna perak keputihan kurang padat daripada Platinum. Paladium memiliki struktur lunak, ulet.

Kegunaan : Digunakan untuk pemurnian dan penyimpanan Hidrogen, karena logam ini memiliki kemampuan menyerap 900 kali Hidrogen di dalam temperatur ruangan. Paladium juga digunakan sebagai elektroda ceramic kapasitor, alat kedokteran, dan perhiasan.

1 komentar:

Selens Seren mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.