21 September, 2013

Rudolf Diesel – Bapak Penemu Mesin Diesel



Rudolf Diesel – Bapak Penemu Mesin Diesel
Rudolf Diesel – Bapak Penemu Mesin Diesel
Seorang keturunan Jerman yang lahir di Paris pada 1853 yaitu Rudolf Diesel, ahli di bidang teknik mekanikal ini menjadi terkenal ketika menemukan suatu mesin yang masih dipakai sampai saat ini yaitu mesin diesel. Pada usianya yang ke 14, dia telah tertarik dengan ilmu matematika dan menginginkan untuk menjadi insinyur. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya, beliau melanjutkan untuk meneruska ke jenjang perkuliahan di Sekolah Keindustrian Augsburg. Dua tahun selanjutnya dia mendapat beasiswa dari Royal Bavarian Polytechnic di Munich yang dididik langsung oleh Profesor Carl von Linde. Karena sakit yang dideritanya dia tidak dapat menyelesaikan pendidikan dan keluar dari Institusi, akhirnya dia hanya melanjutkan studi praktik di Swiss. Setelah lulus di tahun 1880 dengan nilai tinggi dia kembali ke Paris untuk bertemu Profesor carl von Linde untuk merancang bangun mesin pendingin dan mesin pembuat es.

Satu tahun kemudian Diesel dipercayai untuk memimpin pabrik dan mendapatkan beberapa paten di Jeman dan Perancis. Teori-teori tentang Mesin Bakar telah ditelitinya sehingga menghasilkan mesin baru yaitu mesin Diesel yang diambil dari namanya.

Mesin Diesel Pertama
Mesin Diesel Pertama
Diesel merasa bahwa mesin uap pada masanya tidak efisien dan mulai merancang bangun mesin Diesel pertamanya untuk mengejar nilai ratio efisiensi yang lebih baik. Rudolf Diesel akhirnya sukses mendapat paten, akan tetapi Rudolf Diesel wafat di tahun 1913 akibat kematian aneh yang tidak diketahui penyebabnya.

Terima kasih kepada Rudolf Diesel karena karyanya mampu merubah peranan dunia. Mesin diesel banyak diaplikasikan untuk keperluan mesin kendaraan, mesin pembangkit, dan sebagainya.

Tidak ada komentar: