23 Desember, 2013

JETLEV : Jetpack Pendorong Air

JETLEV : Jetpack Pendorong Air
JETLEV : Jetpack Pendorong Air

Leonardo da Vinci mengimpikan bahwa nantinya manusia dapat terbang, diikuti dengan Wright bersaudara yang berhasil menciptakan pesawat terbang untuk pertama kalinya. Sebuah keinginan besar yang ingin diwujudkan untuk mendekati impian manusia dapat terbang. Di tahun 2009 sebuah inovasi jetpack yang diciptakan oleh perusahaan Jetlev Technologies dan MS watersports GmbH, alat tersebut adalah Jetlev.

Jetlev adalah jetpack dengan pendorong air yang dapat menerbangkan manusia hingga ketinggian kira-kira 10 meter dari permukaan air. Tidak seperti Bell Rocket Belt dengan pendorong roket dan Martin Jetpack yang menggunakan tenaga semburan angin (ducted fan), Jetlev menggunakan pendorong air yang menggunakan dua bagian mesin untuk pengoprasiannya. Satu mesin yang dipakai untuk menyedot air berupa mesin yang terapung di permukaan dan satunya digunakan untuk menyemburkan air dari nozzle juga berfungsi sebagai pengendali arah terbang. Kedua mesin tersebut dihubungkan dengan selang yang mengalirkan air dari mesin penyedot.

Jetlev dapat menyemburkan tenaga seberat 2.200 N dari mesin 4 tak bertenaga 250 hp. Kecepatan melesat di udara mencapai 35km/jam dengan ketinggian operasional 8.5 m. Jetlev dapat mengangkat beban manusia 40 -150 kg. Kapasitas bahan bakar mencapai 100 liter, dapat bertahan 2 sampai 3 jam kecepatan normal (cruising speed).


Bagi pengguna Jetlev tidak perlu khawatir dengan faktor keselamatan, pabrikan mendesain mesin tersebut dengan 5 point quick release harness yang memudahkan pengguna melepas jetpack ketika terjadi kecelakaan atau kemungkinan tenggelam. Pabrikan juga menganjurkan pengguna dapat menggunakan pelampung tambahan dan tidak mengoperasikannya dekat dengan daratan.

Jetlev terbuat dari logam stainless steel, lapisan alumunium dan teflon yang tahan terhadap serangan korosi sehingga dapat dioperasikan baik di air tawar dan air asin. Di tahun 2011 model R200 mulai ditawarkan ke pasar sekitar 70 unit telah dipesan di Amerika Utara dan Selatan, Asia Pasific, dan Afrika Selatan. Harga perunitnya mencapai $99,500 banyak diminati oleh kalangan jetset dan perusahaan yang bergerak dibidang olahraga dan rekreasi.


Tidak ada komentar: