11 Oktober, 2014

Teknologi Smart Bra : Pendeteksi Awal Gejala Kanker Payudara

 BSE Bra Cancer

Bra BSE (breast self exam) merupakan teknologi terbaru yang dikembangkan oleh First Warning Systems. Bra ini dikembangkan dengan meintegrasikan sensor-sensor pendetaksi kanker yang terletak di bagian cup bra. Tumor atau kanker yang tumbuh di bagian payudara akan terdeteksi dengan adanya perbedaan temperatur permukaan payudara.

BSE Bra Cancer

Teknologi ini telah mendapatkan paten dar Amerika yaitu kemapuanya mendeteksi perkembangan kanker atau tumor dengan memonitor perubahan temperatur di bagian permukaan payudara. Sumber panas berasal dari pembuluh darah yang mensuplai jaringan tissue kanker ke darah. Kecanggihan alat ini dapat menggantikan fungsi Mammogram atau MRI, diagnosa sejak awal tanpa mealkukan cek rutin ke klinik ataupun rumah sakit.

Perusahaan tersebut telah melakukan uji coba bahwa hasil yang didapat dari Bra BSE menunjukkan akurasi pendeteksian kanker lebih daru 90 persen, percobaan ini dilakukan dengan meliatkan 650 pasien dari segala usia. Bra ini juga mengintegrasikan wireless modul sehingga dapat dipantau perkembangan pertumbuhan kanker melalui komputer ataupun perangkat smartphone dan diupload dengan koneksi internet.


Produk bra ini akan launcing secara komersial di Eropa tahun depan menunggu persetujuan FDA Amerika.

Tidak ada komentar: