10 November, 2014

Apa itu Gorilla Glass?

Apa itu Gorilla Glass?

Kemajuan teknologi ponsel saat ini telah jauh melampaui teknologi ponsel di tahun 2000an. Bandingkan saja di era 2000an ponsel kebanyakan menggunakan keypad untuk mengetik dan memberi perintah, akan tetapi tren masa kini adalah layar sentuh dengan dimensi ponsel yang ramping dan layar lebar. Layar sentuh atau yang lebih dikenal dengan touch screen sudah menjadi pilihan ponsel pintar generasi terakhir yang dibuat tahun ini.

Generasi awal ponsel touch screen mengunakan layar berbahan plastik yang ditambahkan lapisan plastik untuk pelindungnya. Dengan tuntutan teknologi yang berkembang pesat terutama pengguna ponsel, pabrikan ponsel berlomba untuk mencari pengganti layar plastik salah satu bahan yaitu kaca. Kaca memiliki kelebihan dalam tahan goresan akan tetapi memiliki kekurangan mudah retak daripada bahan plastik yang elastis.  


Pabrikan Ponsel iPhone yaitu Apple kemudian mencari jalan keluar untuk mengaplikasikan kaca sebagai layar ponsel mereka. Untuk itu mereka bekerjasama dengan perusahaan Corning. Corning memiliki kemampuan memproduksi kaca yang mampu tahan terhadap goresan dan tidak mudah retak meskipun memiliki ketebalan yang tipis. Tidak lama kemudian kaca tersebut diaplikasikan ke layar iPhone dan dianugeahi sebagai penemuan revolusioner di abad ke 20.

Teknologi kaca tersebut kemudian diberi nama Gorila Glass. Kaca Gorilla Glass memiliki ketahanan melebihi kaca biasa, terbuat dari alumunium silikat dimana ionisasi atom pembentukan kaca dilakukan pada temperatur 752F (400C). Hasilnya kaca tersebut adalah kuat, fleksibel, tipis, dan proteksi jempolan dalam menahan goresan. Tidak hanya itu layar kaca Gorilla Glass memiliki kelebihan daripada layar plastik yaitu kualitas layar yang lebih terang dan jernih.

Sejak saat itu kaca Gorilla Glass diaplikasikan tidak hanya ponsel touchscreen namum layar pada notebook, laptop, dan bahkan TV. Sementara itu juga banyak bermunculan alternatif lain selain Gorilla Glass, Dragontail, Saphhire Glass, Xensation, dan lainnya masuk ke pasar ponsel pintar. Akan tetapi kaca besutan Corning Gorilla Glass tetap merajai layar ponsel pintar yang berderar saat ini dan terus berkembang menjadi seri-seri yang lebih baru.



Tidak ada komentar: