05 November, 2014

Kapal Kargo B9 100% Bahan Bakar Non Fosil

Kapal Kargo B9 100% Bahan Bakar Non Fosil


Tidak hanya transportasi darat yang menyumbang emisi karbon, melainkan kapal di lautan juga menyumbang emisi gas rumah kaca. Hal ini memicu perusahaan B9 yang berbasis di Irlandia melakukan inovasi dengan merancang bangun kapal kargo yang nantinya berbahan 100% tanpa bahan bakar fosil. Kapal ini nantinya berpenggerak layar jenis Dyna Rig dikombinasikan dengan mesin Roll-Royce bertenaga gas metana cair.

Perusahaan menyatakan bahwa teknologi yang akan diaplikasikan di kapal kargo sudah terbukti berhasil. Sistem kapal bertenaga layar Dyna Rig sudah ditemukan sejak tahun 1960an oleh insinyur Jerman yaitu Wilhelm Prolls dan diadaptasikan di kapal Maltese Facon yang dibuat di galangan kapal Perini Navi di Italia. Maltese Falcon beroprasi pada tahun 2006. Sistem Layar yang canggih dapat memaksimalkan hembusan angin yang didapatkan layar dan dapat berhenti beroperasi ketika datang badai.
Kapal Kargo B9 100% Bahan Bakar Non Fosil


Sistem layar Dyna Rig berkontribusi sekitar 60% menghasilkan tenaga dorong bagi kapal kargo sedangkan sisanya didapat dari mesin Roll-Royce bertenaga gas metana cair. Gas metana atau yang dikenal dengan biogas diproduksi dari 100% limbah organik yang dihasilkan oleh manusia, melalui anak perusahaanya B9 Organic Energy memproduksi biogas 50.000 ton pertahunya digunakan untuk keperluan bahan bakar non fossil kapan ini nantinya.

Pihak universitas juga dilibatkan dalam projek ini, perusahaan berkerjasama dengan Universitas Southamton's Wolfson dalam bidang Marine technology and Industrial Aerodynamics (WUMTIA). Para ahli akan mempelajari design lambung kapal yang menggunakan layar Dyna Rig dengan menggunakan wind tunnel.

Test ini akan mengevaluasi sejauh mana efisiensi kapal kargo B9 dengan mengkalibrasi tenaga angin yang paling optimal di berbagai kondisi hembusan dan gelombang laut. Setelah data-data terkumpul kapal kargo ini nanti akan dianalisa segi ekonomisnya.



Perusahaan B9 menginginkan desing kapal super efisien yang didapat dari transfer teknologi design kapan yacth bertenaga angin dan yang terpenting adalah 100% bahan bakar non fosil.

Tidak ada komentar: