05 November, 2014

Lifesaver : Botol Air yang Dapat Memfilter Air Kotor Menjadi Air Siap Minum

 Lifesaver : Botol Air yang Dapat Memfilter Air Kotor Menjadi Air Siap Minum
Pada tahun 2007 banyak penduduk dunia belum mendapat akses air bersih layak konsumsi, jumlahnya tidak sedikit yaitu mencapai 1 milyar penduduk dunia kebanyakan dari mereka adalah anak kecil yang mudah sekali terserang diare dari air kotor yang mengandung patogen.

Salah satu jawabanya adalah dengan hadirnya Botol Lifesaver, botol pertama di dunia yang dapat memfilter air kotor berpatogen menjadi air minum bersih siap konsumsi tanpa bantuan zat kimia. Alat ini berpotensi besar dalam menyelamatkan penduduk dunia dari buruknya kualitas air konsumsi dan membantu operasi bencana alam yang membutuhkan kepraktisan dalam mendapatkan air bersih layak konsumsi. Tidak hanya dalam hal kemanusiaan teknologi ini dapat diadaptasi ke dunia militer untuk melengkapi prajurit-prajurit yang diterjunkan di medan perang.

Botol Livesafer memprodusi air steril untuk diminum langsung dengan menggunakan filter membran dikombinasikan dengan karbon aktif. Filter membran menyaring bakteri, virus, parasit, dan zat patogen yang berbahaya bagi tubuh manusia, sedangankan peran karbon aktif adalah menghilangkan residu kimia yang larut dalam air seperti pestisida dan logam berat berbahaya. Filter membran dan karbon aktif memiliki masa pakai sampai penggunaan 4000-6000 liter air. Filter dapat dengan mudah diganti dengan melepas cartridge filter pada botol.

Botol ini diharapkan dapat membantu korban bencana misalnya tsunami di Aceh pada tahun 2004 yang sangat memerlukan pasokan air minum siap konsumsi dikarenakan sumber air yang ada tidak layak konsumsi.


Tidak ada komentar: